Kamis, 22 Juli 2010

Perjalanan

Setelah mampir dan membaca kembali pesan-pesan yang berseliweran di milis indobackpacker@yahoogroups.com, saya kemudian mengembalikan ingatan saya pada beberapa perjalanan yang pernah saya lakukan. Bersama teman-teman, ataupun sendirian, termasuk ketika menembus belantara Jakarta berduaan dengan teman yang belum pernah ke Jakarta sekalipun.

Rasanya, saya masih akan bisa memenuhi target saya. Minimal, setahun sekali saya harus melakukan perjalanan. AKAP. Antar Kota Antar Provinsi, Antar Kota Antar Pulau., atau Antar Kota Antar Negara. Mengapa begitu? Saya yakin bahwa dengan perjalanan akan membuka pikiran kita dan menghantarkan diri pada pengalaman-pengalaman baru. Hal ini sangat diperlukan mengingat aktivitas padat setahun penuh.

Kadangkala, perjalanan saya perlukan seperti Ramadhan, untuk mengistirahatkan jiwa dan menenangkan pikiran serta membuka hati, bahwa dunia ini masih luas dan menunggu kita. Tuhan pun pasti tidak ingin bumi dan seisinya yang dia ciptakan ini disiakan begitu saja karena Tuhan tentu masih menginginkan hambanya ini menikmati perjalanan sambil mensyukuri tanda-tanda kebesaranNya.

Kalaupun ada tiket perjalanan menuju kesepian terindah maka saya akan membeli dan menghadapinya. Seperti sekarang ini.


Paninggilan, 29 Juni 2010. 16.55
diedit ulang 22 Juli 2010. 00.30

Tidak ada komentar: